Apa itu KEFIR ?

Minggu, 25 April 2021
Apa itu KEFIR ?

APAKAH KEFIR ?


Kefir adalah susu yang difermentasi dengan Bibit Kefir Grain. Kefir seperti Yoghurt dan sejenisnya, tapi Kefir jauh lebih baik. Yoghurt hanya terdiri atas beberapa jenis mikroba, dan hanya memiliki manfaat yang terkait dengan pencernaan, sedangkan Kefir mengandung sekitar 60 jenis mikro-flora yang berguna (beneficial bacteria/yeast). Tidak salah bila Kefir disebut Yoghurt Super. Masyarakat Barat menyebutnya sebagai “Yoghurt for life” atau “Champagne of Yoghurt”


ASAL MULA KEFIR ?


Kefir tradisional berasal dari pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, dan telah dibuat masyarakat Rusia lebih dari 1.400 tahun. Kefir adalah minuman rahasia dan hanya dikonsumsi oleh kaisar atau raja-raja Eropa, Asia Barat, dan Timur Tengah. Kefir berasal dari bahasa Turki yaitu Ke’if yang artinya rasa enak atau merasa enak setelah meminumnya. Nama lain dari Kefir sering juga disebut Kephir, Kiaphur, Kefyr, Knapon, Kepi, dan Kippe.


Produksi kefir secara besar-besaran telah dibuat di negara Jerman, Austria, Brazil, Prancis, Luxemburg, Norwegia, Swiss, Ceko, Israel, USA, Taiwan, Jepang, dan negara-negara Timur Tengah.


Kefir yang dibuat dari susu kambing, sejak tahun 1908, telah digunakan sebagai terapi pada Sanatorium-sanatorium di Eropa untuk pengobatan Paru-paru juga untuk terapi Obesitas & Diabetes.


Berdasarkan beberapa sumber yang banyak meriwayatkan tentang asal dan sejarah kefir, ternyata bibit kefir sendiri diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Kaukasus, yang memang penduduknya mayoritas beragama Islam. Hingga penduduk disana menyebut Kefir itu “The Grain of Prophet” (Benih dari Nabi). Dan ada juga keterangan yang didapat bahwa kefir sendiri ada dijelaskan pada surat Al-Insan (76) : 5-6. 


“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafuur. (Yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya”.


Jadi makna Kefir dalam surat ini bahwa Kefir adalah salah satu mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya juga lezat rasanya (wallahu a’lam). 


MANFAAT KEFIR ?


Sebagai pangan dengan nutrisi yang sempurna, Kefir memiliki kemampuan untuk :

Menyediakan nutrisi yang lengkap

Memperbaiki fungsi pencernaan dan metabolisme

Mendukung istirahat/tidur yang lelap

Menyediakan antibiotik alami untuk menanggulangi infeksi

Menetralkan racun (detoksifikasi).


Dengan manfaat dari lima hal diatas ini, banyak sekali penyakit yang hilang dengan sendirinya.

Ringkasnya, Kefir berkhasiat untuk mengatasi:

Gangguan lambung dan pencernaan seperti maag (gastritis, stomach ulcer, peptic ulcer, duodenal ulcer), colitis, colon cancer, sembelit, diare

Arthritis, rematik, gout (kelebihan asam urat)

Alergi (termasuk asma), meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Detoksifikasi (menghilangkan racun)

Penyempitan pembuluh darah

Jantung (Ischemic Heart Desease), Jantung koroner

Anti-carcinogenic (pencegah kanker)

Insomnia (sulit tidur)

Mengendalikan kadar kolesterol

Mengendalikan kadar gula darah dan mengobati diabetes

Menetralkan pengaruh buruh junk food

Emphysema, Tuberculosis, Hepatitis

Meningkatkan kesuburan dan stamina pria maupun wanita

Dan berbagai khasiat lainnya.


Inilah keunggulan dalam mengonsumsi Kefir. Untuk menjaga kesehatan secara umum, segelas Kefir sehari sudah mencukupi. Sedangkan untuk penyembuhan diperlukan sekitar setengah liter sampai satu liter sehari. Patokannya hanya dua : Makan tidak berlebihan, dan minum Kefir setiap hari.


PENGGUNAAN & PENYIMPANAN ?


Minum 200-600 ml sehari

Disimpan ditempat yang dingin 

(kulkas) tahan 2 bulan

Disimpan beku (di freezer) tahan 6 bulan



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar