KEFIR UNTUK MAAG

Selasa, 03 September 2019
KEFIR UNTUK MAAG

Tuntaskan Sakit Maag dengan Kefir !

    

16 Juli 2013   20:27 | Diperbarui: 22 Januari 2019   05:42

Sakit Maag (dibaca “mah”), adalah istilah awam untuk infeksi/radang lambung dan usus atau gastritis, gastric/ stomach ulcer, duodenal ulcer atau peptic ulcer.  Terjadinya radang, a.l. karena :


Lambung sedang kosong ketika terjadi sekresi asam lambung dan enzim pepsin. Akibatnya asam dan enzim tersebut “memakan” dinding lambung, menembus lapisan pelindung (mucus).

Mengkonsumsi aspirin, ibuprofen, naproxen sodium, asam mefenamat dan sejenisnya yang banyak terdapat pada obat demam dan penghilang rasasakit, yang mampu mengikis pelindung dinding lambung dan menimbulkan iritasi. Kafein, rokok dan alkohol dapat memperlemah daya lindung mucus.

Hadirnya bakteri Helicobacter pyloriyang mampu menembus dinding lambung. Bakteri inilah yang bertanggungjawab pada sekitar 80 - 90% radang lambung. Pada radang kronis, dipastikan  bakteri ini selalu hadir. Untuk melindungi dirinyadari asam lambung, bakteri ini mengeluarkan enzim urease,yang bisa menetralkan asam lambung.

Stress dan perasaan terancam/tidak bahagia meningkatkan sekresi asam lambung yang merupakan asam keras (HCl).

Obat dan “obat” untuk maag.  “Obat” maag bekerja dan berakibat sebagai berikut :


Menetralkan asam lambung. Biasanya garam magnesium dan atau garam aluminium (plus analgesik). Obat semacam ini hanya menetralkan asam lambung dan “membius” syaraf sehingga rasa sakit lenyap. Penggunaan penetral asam dalam jangka panjang dapat mengakibatkan batu ginjal (kencing batu). Umumnya penggunaannya dibatasi hanya 5 hari. Peringatan ini sering diabaikan (sengaja ?) melalui iklan yang menyesatkan (termasuk oleh Wagub Jabar, sebelum menjabat).

Membunuh bakteri Helicobacter Pylori dengan antibiotika. Obat ini membunuh semua bakteri lain (termasuk bakteri yang bermanfaat). Sembelit merupakan efek samping yang paling terasa, karena semua bakteri dalam usus yang mendekomposisi sisa makanan ikut mati.


Pengobatan maag dengan Kefir. Cara Kefir menanggulangi maag sebagai berikut:


Tryptophan pada Kefir berfungsi untuk relaksasi syaraf, sehingga rasa sakit berkurang dan penderita dapat tidur nyenyak agar sel-sel rusak dapat memperbaiki diri. Dengan relaksasi, sekresi asam lambung berkurang.

Kefir, menetralkan racun yang terdapat di lambung, sehingga mencegah kerusakan lambung lebih jauh.

Kefir mengandung kalsium, magnesium, lemak dan protein untuk menetralkan asam lambung. Rasa masam pada Kefir, berfungsi sebagai “rem” bagi produksi asam lambung (acid pump inhibitor).

Kefir mengandung antibiotik yang membunuh bakteri Helicobacter Pylori, tapi aman bagi beneficial bacteria. 

Kefir mengandung friendly bacteria, yang menjaga keseimbangan bakteri yang bermanfaat dengan bakteri patogen, serta menyediakan bakteri di usus untuk meningkatkan ke-mampuan pencernaan.

Kefir mengandung nutrisi,vitamin dan mineral, yangperlu untuk tubuh dalammengganti sel-sel rusak.

Kefir dapat menanggulangi maag sampai suatu derajat kerusakan tertentu. Dari pengalaman, bila masih daam tahap radang (gastritis), maka dalam waktu kurang dari dua minggu sudah dapat ditun-taskan. Sejauh ini belum ada yang tidak sembuh dalam waktu satu bulan. Bila sudah terjadi luka pada lambung yang ditandai dengan keluarnya darah bersama kotoran (tinja berwarna hitam), diperlukan pengobatan dengan antibiotik. Diperlukan tenggang waktu antara minum Kefir dengan minum antibiotik, agar keduanya tidak bertemu di lambung. Kefir menganggap antibiotik sebagai racun, dan menetralkannya. Sebaliknya, bakteri probiotik pada Kefir juga akan mati. Gunakan Kefir Prima (Kefir P), 3 kali sehari @ 150 cc (satu cangkir). Pemanis terbaik adalah madu. Untuk maag kronis dan akut, tambahan 25 cc Kefir Kolostrum akan sangat membantu. Agar maag tidak kambuh.  Agar penyakit ini tidak kambuh lagi, maka perlu mengubah cara hidup dan cara makan yang tadinya merupakan penyebab maag. Konsumsi Kefir sebagai makanan fungsional probiotik, satu gelas sehari sudah memadai untuk menanggulangi kambuhnya maag akibat makan yang kurang teratur, atau makanan yang pedas/asam.


Sumber : https://www.kompasiana.com/andangkasriadi/tuntaskan-sakit-maag-dengan-kefir_5529a0fe6ea834d62d552d36



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar