Koleksi Hadis mengenai susu kambing/kambing

Selasa, 24 Maret 2015
Koleksi Hadis mengenai susu kambing/kambing

Koleksi Hadis mengenai susu kambing/kambing
1. Hadis dari Abu Ubaidah bin Atoq bahawa Rasulullah SAW bersabda bermaksud “Kambing merupakan binatang yg penuh Baroqah yg ditinggalkan orang soleh terdahulu”.Oleh itu kita menghidupkan kembali Sunnah,disamping kita meminum atau menjual secara tidak langsung kita mendapat pahala(Insha Allah).
2. Abu Hurairah r.a menukilkan sebuah hadis Rasulullah SAW yang menyentuh tentang kambing: “Allah tidak mengutus seorang nabi kecuali dia itu seorang gembala kambing”. Maka para sahabatnya bertanya “Adakah Tuan juga?” Jawab beliau “Ya, aku pernah menggembala kambing dan bertanggungjawab ke atas beberapa bahagian penduduk Mekah”.
3. Sabda Rasullah s.a.w, “Peliharalah kambing kerana padanya terdapat keberkatan”.
4. Nabi Muhammad S.A W bersabda bahawa “Hendaklah kamu berpegang kepada kambing (mengambil manfaat daripada kambing: iaitu daging, bulu, kulit dan susunya) kerana itu ialah kenderaan mu didalam syurga”. Dalam sepotong hadis yang lain ada menyatakan Nabi Muhammad s.a.w sangat suka meminum susu kambing yang mentah (belum dimasak).
5. Abu Hurairah juga meriwayatkan sabda Rasulullah “Asas kekufuran ada di arah matahari terbit, megah dan angkuh ada pada pemilik kuda dan unta, mereka yang bersuara nyaring (bising) ialah pemelihara haiwan berbulu (arnab, kucing) dan ketenangan itu ada pada gembala kambing”. [Hadis ini turut dinukilkan oleh al-Imam Malik dalam kitabnya al-Muwatta`].
6. Abu Said al-Khudri mengata bahawa Rasulullah pernah bersabda “Akan tiba suatu masa di mana kambing merupakan sebaik-baik harta bagi orang Islam. Orang Islam akan memeliharanya di puncak-puncak bukit dan di lembah-lembah, hidup terpencil dari masyarakat demi memelihara agama daripada ditimpa bencana”. Malah menurut Abdullah bin Mas’ud semasa beliau bertugas sebagai gembala kambing milik Utbah bin Mu’aith, susu kambing segar merupakan minuman kegemaran Rasulullah dan beliau meminumnya secara langsung setelah diperah daripada kambing betina.
7. Abu Hurairah telah berkata, “Pada malam baginda diisrakkan, dihulurkan kepada Rasulullah SAW dua gelas minuman iaitu khamr (minuman keras) dan susu. Baginda pun melihat kedua-duanya lalu mengambil susu. Jibril berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan engkau kepada fitrah. Seandainya engkau mengambil khamr, nescaya binasalah umatmu.”
[Riwayat Imam al-Bukhari]
8. Abu Hurairah berkata, “Nabi SAW bersabda : Ketika aku diisrakkan, aku bertemu dengan Nabi Musa AS, baginda seorang lelaki yang tinggi kurus dengan rambut berombak seperti seorang Bani Syanu’ah. Aku juga bertemu dengan Nabi Isa AS, baginda kelihatan seperti lelaki biasa, berkulit merah, seakan-akan baru keluar dari pemandian. Aku bertemu dengan Nabi Ibrahim AS, akulah keturunannya yang paling mirip dengannya. Lalu aku diberi dua bejana, yang satu berisi susu dan yang lain berisi arak. Dikatakan padaku : Ambillah yang engkau suka. Aku mengambil susu dan meminumnya. Kemudian dikatakan : Engkau diberi petunjuk dengan fitrah atau engkau menepati fitrah. Seandainya engkau mengambil arak, nescaya sesat umatmu.”
[Riwayat Imam Muslim]
*Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya Zadul-Ma’ad Fi Hadyi Khairil ‘Ibad menyelit mafhum hadis di atas dalam keterangannya pada kelebihan susu kambing.
SUSU KAMBING Sunnah Rasulullah SAW yang telah dilupakan
Susu Kambing
Oleh R Syarif Ario Dgs
Riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas ra, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah, ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’ (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5957)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”.
Hadits di atas diriwayatkan oleh Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih. Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi no 3455



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Susu kambing bukan sekedar susu biasa, melainkan susu yang kaya Protein, Kalsium, Zat Besi, Vitamin ...

-

Kenal Kefir awal 2017 silam. Mulanya beli sama penggiat Kefir. Tapi karena ada kesalahan kirim (tiba...

- Dewi S

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena dikenalkan dengan produk susu kefir di akhir tahun 2016...

- Nafisah

Alhamdulillah semenjak mengenal kefir dan belajar all about kefir sejak 5 bulan yg lalu serta mengko...

- Fitria \'Ummu Daffa\'

Kefir itu ternyata banyak bener manfaatnya.. Sebagai minuman bernutrisi, pencernaan jadi sehat, BAB ...

- Vici yeni syiska

Dulu anak saya mengalami gangguan pada pencernaan, sehingga daya tahan tubuhnya menurun, ketika saya...

- Reny

Masya Allah.. kefir adalah produk susu fermentasi dengan berjuta manfaat. Mulai dari organ pencernaa...

- Dini Trisnawati

Alhamdulillah...minum kefir membuat tubuh sy semakin sehat, gk gampang sakit,ketika teman-teman bany...

- Ucik Nurul Hidayanti

Alhamdulillah, senang sekali bisa mengenal kefir.\r\nSemakin kesini kenal minuman dari kefir, masyaa...

- Shafira

Anak2 4 bln ini rutin mengkonsumsi sufir kambing... Alhamdulillah imunnya jd lebih kuat dan jatang s...

- Ika

Saya sudah duaa minggu minum susu kambing (kefirnya).badan udah agak enak Ann,trus saya ngerasa nafs...

- Meyrani dewi utari

Pakai produk kecantikan kefir memang paling TOp BGT. Bahannya alami tdk berbahaya\r\nEnak di pakai\r...

- Novri Eka Rizayantu

Adakah satu produk yang bisa digunakan untuk perawatan luar sekaligus dalam?\r\nAdaaa\r\n\r\nKEFIR l...

- Kamelia

Sudah 3 bln saya sekeluarga mengkonsumsi sufir banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh tubuh dr ...

- Fitriyani

Alhamdulilah bisa mengenal kefir, dan bisa mengenalkan kefir sejak dini pada si kecil, si kecil jadi...

- Nani hermawati

Bismillahirrohmanirrohim,\r\nBerawal dari suami dan 3 anak yg sering sakit..sy hampir putus asa dg k...

- wewen haryani

Sejak minum kefir sudah lupa sm yg nmnya flu. Tiap hr badan terasa fit segar bugar. Tiap dtg bulan b...

- Nita Puspita

Pertama kali kenal kefir, dari salah satu pola makan yg saya ikuti, langsung cari grain dan eksekusi...

- Vicha Vansischa

hidup sehat bersama Kefir👍...

- Rohimanisayoghurt

Saya pakai kefir pertama susu kefir setelah itu badan jadi enak dan haid jadi lancarm biadanya ngawu...

- Puspa arum wahyi kurnai

Kefir \r\nTiada tara manfaatnya\r\nTiada hingga kebaikanya\r\nPertama ku jumpa dengan kefir\r\nTubuh...

- MAS AGUS

Kefir sangat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi gangguan asam lambung da...

- Sianne Kumalasari

Beberapa tahun yg lalu sy di vonis dokter hiperplasia endometrium (penebalan dinding rahim yg abnorm...

- Azizah azis

Sy punya riwayat asam lambung thn 2018 yg lalu , waktu itu sy di kenalkan kerabat dgn susu kefir unt...

- Ranti Enggarsari

Istri saya 8tahun lebih rutin menggunakan cream dokter w****a skin care, awal 2016 berani memutuska...

- Ikhwanussidiq Suhartono

sabun kefir di pakenya enak.bersih di wajah\r\n...

- juwadi

Alhamdulillah sejak konsumsi susu kefir baik susu kefir kambing dan susu kefir sapi ASI berlimpah da...

- yuyun

pake krim3 in1 wajah jadi cerah dan halus.dan.semenjak minum kefir badan.sehat dan tdk gampang sakit...

- ardini esti

Pokoke segala bentuk produk turunan olahan kefir. Mantaps.\r\nDari minuman dan makanan sampe perawat...

- Tami Thamrin

Sudah beberapa kali sya order masker dan cream di mang didin. \r\nPaling suka sma masker kefir full ...

- Nofi

Hidup Sehat bersama kefir...

- Ayu agustina

Kefir sangat banyak khasiatnya apalagi dalam membantu menjaga berat badan tubuh, rasa memang sedikit...

- Sri alemina

Saya penderita asam lambung sejak tahun 2007,\r\nSaya mau Dan ingin mencoba terapi kefir + madu huta...

- Nola

Assalamualaikum, sudah 5 bulan nihh saya nyoba minum susu kambing dari produk ini alhasil Alhamdulil...

- Septi luthfiah

Awalnya skeptis juga akan manfaat kefir..apalagi harganya mahal..lebih mahal daripada yoghurt...\r\n...

- Fani dwi martadi

Pertama kenal kefir pas zaman kuliah dulu, suka jajan es kefir soalnya seger pisan diminum pas udara...

- Rikza Khafi Qudsiyya

Aku ingin lebih sehat n lebih fresh alhmdulilah usahaku mendapat hasil dengan konsumsi sufir setiap ...

- Nurhaene

Barakallahu fiik\r\n Nyari masker yang cocok untuk wajah berjerawat dan berminyak sulit, apalgi bua...

- Minhatul Harun

Aku baru konsumsi sufir sejak beberapa bulan lalu karena aku sering sulit BAB kebetulan keluargaku j...

- Haidar aly

Pertama kali Kenal kefir Dari Facebook trus coba beli dan minum selama se Minggu,hasilnya badan ya g...

- Vira

awal kenal kefir itu dari olshop, hampir nyerah krna masalah jerawat tetapi karna ketemu olshop yang...

- desy

Awal perkenalan sy dengan kefir karena tertarik dengan kegunaan kefir sebagai penyembuh jerawat..mak...

- Rachmawati

Testimoni mba Yuli Sam :\r\n\r\nAssalamualikum,,,, mang DIDIN,,,curhaaat donkk hehehe,,, tpi ini mmg...

- mang didin

Alhamdulillaah....sejak rutin minum kefir sekitar 4 bulan yang lalu, hampir gak pernah kena flu, bia...

- Ucik Nurul Hidayanti

Alhmduliah sejak mengenal kefir 6bln ll kami sekeluarga rutin konsumsi kefir optima setiap menjelang...

- Nurhaene

Awal kenal kefir itu dari 2015 awal, karena saya mengalami gangguan lambung, vertigo, dan gangguan s...

- Dwi ramadhani

Terapi kefir untuk batu ginjal :\r\n\r\nAdik bungsu mamang (Anes Solihah) didera penyakit batu ginja...

- mang didin

Klo ketemu teman lama selalu dibilang kurus, gmn mo gemuk, tidur susah, makan cepet kenyang.\r\nKlo ...

- Marlyn

Saat usia kandungan jalan 17 minggu, saya merasakan gejala GERD. Karena pola pikir dan pola makan. S...

- Triana Puspa

Bismillahirrahmaanirrahiim. Sy menderita hipotensi 8 bulan yg lalu. Beberapa herbal sudah dikonsumsi...

- Hady Prajitno

Sudah nyoba sabun kefir, Alhamdulillah enak di.kulit, terasa lembab dan merasa lebih sehat karena te...

- Susilawati

Alhamdulillah... Puji syukur mengenal kefir...Meski d awal benar2 penuh perjuangan untuk mengkonsums...

- ROSI MASITOH

Pertama kenal kefir itu dari Masker wajahnya yg katanya bagus bgt buat kulit apalagi yg udah keterga...

- Desi indah kumalasari

Saya kenal produk fermentasi sudah lama, tapi khusus kefir sendiri baru-baru ini. Berkat mang Didin,...

- Citra AS

Selamat soree,,rekan² saya inginn ucapkan terimakasih kepada susu kambing khususnya produk (kefir)....

- Oktavia arisca

Pertama kenal kefir itu dari 2015 awal, karena saya menderita gangguan lambung, vertigo\r\n,dan gang...

- Dwi ramadhani

Sudah 3 bln saya sekeluarga mengkonsumsi sufir banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh tubuh dr ...

- Fitriyani

Alhamdulillah saya cocok dengan kefir sehingga tensi saya stabil dan BAB lancar......

- Dhenok

Baru kali ini make cream kefir yang harumnya segar.. biasanya mah baunya susu kambing.. kebayangkan ...

- Anisah

Susu kefir ternyata cocok bagi yang ingin menambah berat badan. Saya sudah membuktikan,. Alhamdulill...

- Dwi

Saya mengenal kefir sudah 1 thn ini,,dl cuma reseller. Sekarang Alhamdulilah sudah bisa buat sendiri...

- Siti Lestari

Dengan ijin Allah dan wasilah kefir saya sembuh dari berbagai penyakit.\r\nTahun 2018 saya divonis b...

- Dani sutansyah

Alhamdulillah setelah rutin mengkonsumsi kefir bening, kolesterol yang tadinya tinggi bisa kembali n...

- Reny Priani Rachmawati

awal mula suka kefir karna ikut kakak. setiap dia memakai masker kefir saya coba hasilnya muka lembu...

- verren

setelah mengonsumsi susu kefir kambing alhamdulillah, magh akut saya berkurang banyak dan berangsur ...

- Juwanani

Dulu...kefir bagi ku sangat asing.... Jk teman ada yg menawarkan hidup sehat dg kefir aq sll mengaba...

- Afifatul janah

Selama 6 bulan minum kefir (prima, optima) alhamdulillah keluhan asma tidak pernah lagi menghampiri....

- Kamelia Anggreini

Mengenal kefir itu menemukan imun booster... Bersyukur banget deh... Manfaat yg sudah di rasakan bad...

- Fitri

Baru nyoba krim kefir wajah jadi lebih halus dan sehat. Kalau susunya belum pernah minum...

- Anisa alifah

Sudah lama saya punya asma dan beberapa alergi. Beberapa tahun terakhir semakin sering kambuh. Dan b...

- Vinda Ummu Abdillaah

Gak nyesel deh kenal sama kefir. Ternyata minum susu nya secara rutin bikin badan berangsur2 sehat, ...

- Siti Amaliah

Berawal dari facebook,akhirnya saya mengenal kefir.\r\nAkhirnya saya tau ternyata kefir bisa untuk p...

- Ninung nurwendiyah

Sempat menyerah dg masalah jerawat, akhirnya nyoba masker Kefir.Awalnya sih karena dibuat alami,kand...

- Innieke Siske Pebrilianti

ssalamualaikum ,salam sejahtera untuk kita semua.\r\ntesti ini dari saya sendiri juga keluarga sya.\...

- kones

Alhamdulillah sejak mengenal kefir jadi jarang sakit. Kalaupun sakit hanyalah sakit ringan sja seper...

- Susy Setyorini

Masker kefir enak dipake lembut banget,baru pake itu aja sih yang lainnya belum....

- Peppi indah sari

Kefir berasal dari susu yang sudah pasti menyehatkan dengan asam yang pas sesuai dengan kondisi lamb...

- yogi purna rahardjo

Saya penderita asam lambung, biasanya pasti saja berobat ke dokter minimal satu kali dalam satu tah...

- Mulyadi

Pertama kenalan dengan susu kambing karena mama sakit asma. Alhamdulillah rutin minum susu kambing m...

- Astrishabrina

Sudah lama sy penasaran dg kefir.\r\nDan alhamdulillah sekarang sy memakai produk kosmetik dan susu ...

- Temu retno widati

Beli masker kefir di sini harga terjangkau dan kualitas bagus sekali, dipakai wajah menjadi lembab, ...

- Dedeiviv

Saya hobi sekali \"baking\", ada resep yang menarik biasanya saya coba..\r\n\r\nSuatu hari saya pang...

- Dice Anggraini

Jjur saya pakai cream pemutih,putih si tpi bgitu kluar rumah dan kena matahari sebentar mukaku kyk k...

- Dani mei hantoro

Baru 6 bulan minum kefir badan rasanya buga dan.sehat. Udah 2 minggu ini pake sabun dan cream 3in 1 ...

- ardini esti

Alhamdulillah berkat kefir susu kambing mang yg selama ini q derita\r\nUdh ndak kambuh lagi... \r\nK...

- Andi suyoko

Sudah nyoba sabun kefir..asli lembut banget di wajah. Tertarik nyoba produk lainnya....

- Friska audi anjarini

Kefir... sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan keluarga kami, Alhamdulillah bulan ini masuk buka...

- Rini Astuti

Awalnya tidak begitu percaya hanya saja tidak ada salah nya untuk dicoba karena pada dasarnya susu i...

- arif GB

1 kata untuk kefir : WOW\r\n\r\nRasanya yang unik, caranya membersihkan racun di dalam tubuh adalah ...

- Arif Ardiansyah

Awalnya memakai masker kefir karena ingin memakai kosmwtik yang back to nature,...ternyata banyak ya...

- Khomsatun Nurul Khoirunnisak

Assalamualaikum,\r\nSelamat pagi....\r\nAwal mula nyoba Kefir itu pake maskernya,karena udah hampir ...

- Innieke Siske Pebrilianti

Suka banget pakai masker kefir kambing ....takut pakai kimia...jadi yg aman2 aj...walau reaksi tidak...

- Raras Achrizul Malik

Ma sya Allah makin semangat konsumsi kefir setelah melihat beberapa testimoni yang ada, terutama ka...

- Siti Mardiyah ummu Fatih



Peternakan kami


Info Pembayaran

Pembayaran bisa cash/tunai saat barang sampai ditempat, atau bisa juga ditransfer ke Rek BCA kami.


Info Pengiriman

Pengiriman barang menggunakan tenaga kurir dari farm kami. Jadwal pemberangkatan kurir setiap jam 9 pagi untuk mengirimkan pesanan ke semua pelanggan setiap harinya


Langganan Email