MANFAAT KEFIR

Rabu, 25 Juli 2018
MANFAAT KEFIR

MANFAAT SUSU KEFIR


Dengan memfermentasi susu selama sekitar 24 jam, kefir grains dapat mengubah susu mentah menjadi minuman probiotik superfood (kefir), minuman segar berkarbonasi alami yang memiliki beberapa manfaat penting dalam dunia medis.


Selain kaya akan Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum, kefir juga banyak mengandung bakteri asam laktat dan ragi yang bermanfaat. Faktanya, sejumlah kecil mikrobiota bermanfaat dalam kefir merupakan salah satu makanan probiotik terkuat di bumi!


1. Melawan Kanker

Konsumsi makanan hasil fermentasi dapat membunuh beberapa jenis kanker tumor yang berbeda dari penelitian yang dilakukan pada hewan. The Journal of Dairy Science, misalnya, menerbitkan studi yang mengevaluasi sel imun pada tikus dan menemukan bahwa konsumsi kefir secara teratur dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker payudara.


2. "Mutagen" adalah bermacam-macam agen yang dapat mengubah DNA secara langsung dan dapat ditemukan dimanapun lingkungan kita berada. Aflatoxin, misalnya adalah racun berasal dari makanan, yang diciptakan oleh jamur dan dapat ditemukan dalam bermacam-macam kacang tanah (itulah mengapa selai kacang dapat menyebabkan alergi dan reaksi imun), minyak sayur mentah (seperti canola, kedelai dan biji kapas), dan biji-bijian (gandum, kacang kedelai dan jagung). Dengan kandungannya yang kaya akan bakteri asam laktat, kefir dapat mengikat (membunuh) aflatoxin dan jamur-jamur lain, yang dapat membantu melindungi kondisi genetik yang sehat.


3.Meningkatkan kekebalan

Jika agan agan lagi sakit nih, berpikirlah ulang untuk memilih antibiotik, dan pilihlah kefir. Para peneliti menemukan bahwa probiotik bekerja sama baiknya, bahkan lebih baik daripada terapi antibiotik dalam memusnahkan agen infeksi, dan juga memulihkan simptom.


4. Membangun kepadatan tulang

Sebuah studi pada tahun 2014 pada jurnal Osteoporosis Internasional menemukan bahwa mengkonsumsi kefir bermanfaat untuk kepadatan tulang dan dapat mengurangi resiko osteoporosis. Para peneliti menemukan kefir bekerja dengan meningkatkan penyerapan tulang dalam membangun mineral kalsium dan magnesium.


5. Menyembuhkan IBS (Inflammatory Bowel Syndrome) dan IBD (Inflammatory Bowel Disease)

Hal ini disebabkan karena dosis probiotik yang tinggi, termasuk strain bakteri lactobacillus dan bifidobacterium kefir juga merupakan perawatan alami yang efektif untuk IBS. Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal medis Kanada menemukan bahwa makanan yang kaya akan probiotik termasuk yogurt dan kefir dapat membantu menyembuhkan IBS dan mengurangi inflamasi bowel.


6. Dalam studi terbaru jurnal Imunologi, ditemukan bahwa kefir memiliki efek positif pada alergi maupun asma. Dalam penelitian tersebut kefir menekan penanda pembengkakan interleukin-4, sel T-helper dan IgE immunoglobulin. Para peneliti menyatakan bahwa kefir memiliki kemampuan anti-inflamasi yang kuat, yang terbukti berguna untuk mencegah asma.


7. Mengatasi lactose intolerance

Produk susu fermentasi seperti kefir dapat membantu orang dengan lactose intolerance. Proses fermentasi dapat mengubah struktur kimiawi makanan, begitu juga dengan fermentasi susu, di mana kefir mengandung laktosa yang relatif rendah. Sebagai tambahan, jika Anda sedang berjuang dengan masalah laktosa, Anda dapat menambahkan kefir dalam program diet Anda, karena sebuah studi dalam Jurnal Asosiasi American Dietetic menyatakan bahwa, "kefir meningkatkan pencernaan laktosa dan toleransi pada usia dewasa dengan lactose malabsorption (kegagalan penyerapan laktosa)."


Kefir meningkatkan kesehatan dan juga membantu proses penyembuhan penyakit dimulai dengan 5 langkah penting yaitu : 


- menyediakan nutrisi yang lengkap

- memperbaiki fungsi pencernaan

- menjadikan istirahat lebih lelap

- mengandung antibiotik alami umtuk mengatasi infeksi

- menetralkan racun / detoksifikasi


Sehingga dengan manfaat dari kelima hal diatas, banyak sekali penyakit yang hilang dengan sendirinya, diantaranya:


. Gangguan lambung dan pencernaan seperti maag ( gastritic, stomach ulcer, peptic ulcer, duodenal ulcer ) ,colitis, colon cancer

· Arthritis , rematik, gout (kelebihan asam urat), · Alergi (termasuk asthma), meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas),

· Detoksifikasi (menghilangkan racun dari dalam tubuh), migren,

· Penyempitan pembuluh darah,

· Jantung ( Ischemic Heart Desease),

· Anti-carcinogenic(pencegah kanker),

· Insomnia(sulit tidur),

· Mengendalikan kadar kolesterol,

· Mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes,

· Menetralkan pengaruh buruk junkfood atau kelebihan konsumsi gula,

· Candidiasis, Sindrom Kelelahan Kronis, ADHD

. Emphysema , TBC , Hepatitis


. Meningkatkan kesuburan Pria dan Wanita 

. Dan berbagai khasiat lainnya. Bahkan penderita Leukemia dikabarkan sembuh setelah rutin mengkonsumsi kefir


Petunjuk penggunaan kefir : 


1. Simpanlah Kefir di lemari es. Jangan dipanaskan karena akan mematikan bakteri bermanfaat yang ada pada kefir.

2. Sebagai makanan, Kefir disarankan untuk disajikan dengan memperhatikan penampilan yang baik dan rasa yang lezat. Jika ingin penambahan perasa campuran (madu, sirop, buah-buahan,dsb) disarankan dilakukan pada saat Kefir akan dikonsumsi. 

3. Kefir adalah makanan hidup. Jangan mengkonsumsi Kefir ketika sedang dalam pengobatan dengan antibiotika. Antibiotika dianggap sebagai “racun” oleh Kefir dan akan dinetralkan. Sebaliknya mikroflora yang terdapat pada Kefir juga “dibunuh” oleh antibiotika, sehingga fungsinya sebagai probiotik menjadi hilang. Jika sedang maunjalankan pengobatan antibiotika, setelah pengobatan dengan antibiotika selesai, sekitar 2 jam kemudian segeralah minum Kefir untuk memulihkan ekosistem tubuh.

4. Sejauh ini tidak ditemukan efek samping dalam mengkonsumsi Kefir, baik sebagai makanan maupun sebagai terapi obat. Porsi yang normal adalah satu sampai dua gelas sehari untuk pemeliharaan kesehatan yang optimal, dan porsi untuk terapi pengobatan antara 500 cc sampai 1liter per hari.


Terapi pengobatan menggunakan kefir memang menunjukkan gejala umum pada awal mengkonsumsi. Beberapa orang mengeluh mulas, mual bagi penderita TB dan perokok berat, pusing sesaat bagi orang yang metabolismenya terganggu, serta sering kencing atau timbul bintik - bintik merah pada kulit. Tetapi tidak perlu khawatir, karena ini justru menunjukkan bahwa proses pengobatan sedang bekerja. Gejala - gejala tersebut merupakan efek detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.


Salam Sehat Bersama Kefir.


img-1532494034.jpg



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar