Panasea dari Ujung Ambing

Senin, 30 Desember 2019
Panasea dari Ujung Ambing

Panasea dari Ujung Ambing

Filed in Laporan khusus by admin on 04/05/2014
Susu kambing terbukti berkhasiat mengatasi mag, diabetes mellitus, stroke, dan beragam penyakit lain.
Nutrisi susu kambing mudah diserap sehingga mampu menjadi panasea
Nutrisi susu kambing mudah
diserap sehingga mampu menjadi panasea
Kehilangan anak kesayangan, tangis Mariani Nainggolan tak kunjung usai. Ibu 3 anak itu seakan tak percaya anaknya yang bugar pulang ke haribaan-Nya terlalu cepat. Sang putra berpenampilan bugar dan aktif. Kepergian putranya membuat Nainggolan sangat terguncang. Perasaan perempuan kelahiran Samosir, Sumatera Utara, itu kalut sehingga ia nyaris kehilangan semangat hidup. Tanpa ia sadari, produksi asam dalam lambungnya melonjak tak terkendali.
Ia pernah merasakan nyeri hebat di ulu hati. Saking sakitnya, perempuan 78 tahun itu tidak mampu bangkit dari peraduan. Sang menantu, Norma Manurung, segera melarikan Nainggolan ke rumahsakit di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Dokter meresepkan pereda asam lambung dan mengizinkannya pulang. Namun, perasaan kalut akibat kehilangan anak kembali mendera. Akhirnya ia kembali ambruk dan menjalani perawatan selama 5 hari di rumahsakit.
Pikiran
Kondisi Nainggolan seolah membuktikan pepatah Cina kuno yang menyatakan bahwa penyakit berasal dari pikiran. Menurut dr Fetty Amalita Madjid, dokter dan praktikus pengobatan holistik di Cibubur, Jakarta Timur, pemicu utama penyakit degeneratif—penyakit akibat gangguan fungsi organ—adalah pikiran. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta itu, stres akibat pikiran kacau memicu gangguan di locus minorus resistentiae alias organ paling lemah. Setiap orang mempunyai locus minorus resistentiae berbeda.
Kebanyakan orang enggan mengonsumsi susu kambing lantaran beraroma prengus
Kebanyakan orang enggan mengonsumsi susu kambing lantaran beraroma prengus
Dalam kasus Nainggolan, organ terlemahnya adalah sistem pencernaan, terutama lambung. Menurut dr Prapti Utami, dokter dan herbalis di Klinik Evergreen, Bintaro, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, stres memicu peningkatan produksi hormon adrenalin. Hormon itu memicu peningkatan aliran darah ke otak, meningkatkan tekanan darah, dan memicu produksi asam lambung. Efeknya seseorang menjadi sulit tidur. Produksi asam lambung sejatinya menyebabkan rasa lapar.
“Itu sebabnya salah satu bentuk pelampiasan stres adalah makan banyak,” kata alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu. Namun, bagi beberapa orang, produksi asam lambung justru menyebabkan rasa mual dan malas makan. Itulah yang terjadi pada Nainggolan. Dalam sistem pencernaan, asam itu membantu melumat bahan makanan, melarutkan beberapa jenis nutrisi, sekaligus membunuh mikrob berbahaya yang terbawa masuk lewat saluran cerna.
Asam lambung alias asam klorida tergolong asam kuat. “Jika lambung kosong terlalu lama, asam itu menggerus dinding lambung sehingga menyebabkan luka dan peradangan,” ungkap Prapti. Jika itu terjadi, penderita tambah malas makan sehingga semakin sulit sembuh.
Membaik
Pulang dari rumahsakit, Nainggolan belum sepenuhnya pulih. Ia hanya menghabiskan waktu dengan berbaring di peraduan. Seorang rekan kerja Norma menyarankan agar Nainggolan mengonsumsi susu kambing. “Kasih susu ini, bagus buat orang berumur,” ucap Norma menirukan ucapan sang teman. Ingin mertuanya segera pulih, Norma pun menyajikan susu kambing untuk Nainggolan. Ia menyeduh 2 sendok makan susu kambing bubuk dalam segelas air panas lalu menyajikan kepada ibu mertuanya.
Hj Sa’adiyah terbebas suntik insulin setelah minum susu kambing
Hj Sa’adiyah terbebas suntik
insulin setelah minum susu
kambing
Norma menyajikan pada pagi setelah bangun tidur dan malam hari, kira-kira 2 jam setelah makan malam. Norma melakukannya setiap hari. Bersamaan dengan itu kerabat dan rohaniwan bergantian menasihati Nainggolan agar mengikhlaskan putranya. Dengan asupan susu kambing dan tumbuhnya kepasrahan dalam hati, kondisi perempuan yang merantau di ibukota sejak 1975 itu mulai membaik. Rasa mual dan sensasi penuh dalam perut reda sehingga ia bisa menikmati makanan.
Semula ia kerap terbangun tengah malam dan sulit terlelap kembali. Namun sejak mengonsumsi susu kambing, Nainggolan bisa tidur nyenyak hingga pagi. Suatu pagi, ia terkejut menyadari baju yang biasa ia kenakan terasa sesak. Saat menimbang, ternyata bobot Nainggolan naik 2 kg. Itu terjadi setelah sepekan mengonsumsi susu kambing. Ia tidak lagi merasakan derita asam lambung tinggi. Akhirnya Norma menghentikan sajian susu kambing untuk sang mertua.
Ia tetap menyimpan sekotak berisi 200 g serbuk susu kambing untuk berjaga-jaga kalau pikiran Nainggolan kembali kalut. Saat Trubus berkunjung ke kediaman Norma dan Nainggolan, perempuan sepuh itu mengisi waktu dengan merajut. “Yang penting melakukan sesuatu sehingga pikirannya tidak kosong,” tutur Norma. Bagaimana duduk perkara sembuhnya Nainggolan? Riset Hong Tao Xu dan rekan dari Universitas Pertanian Cina membuktikan konsumsi susu kambing menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori di kelenjar lendir lambung. Bakteri itu salah satu pemicu gangguan lambung, yang lebih sohor sebagai penyakit mag. Penghambatan terbesar, hingga 83%, terjadi 42 jam pascakonsumsi susu kambing.
Lepas insulin
Susu kambing bukan hanya ampuh meredakan radang lambung. Sa’adiyah yang enam tahun mengidap diabetes mellitus akhirnya terbebas setelah rutin mengonsumsi susu kambing. Dokter mendiagnosis perempuan di Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengidap gula darah tinggi pada 2006. Kadar gula darahnya 300 ml/dl, kadar normal kurang dari separuhnya. Dokter memberi obat penurun gula darah agar ia bisa menunaikan berbagai ritual haji yang menguras tenaga itu tanpa gangguan.
Tanpa ia sadari diabetes yang ia idap semakin serius. Saat tidur malam, ia bisa terbangun 3—4 kali untuk berkemih. Ketika mengambil air untuk beribadah, ia limbung sampai jatuh. Setelah itu Sa’adiyah tidak mampu beranjak dan tidak bisa menggerakkan sisi kanan tubuh. Anaknya melarikan Sa’adiyah ke rumahsakit di Kota Tangerang. Dokter mendiagnosis ia terkena stroke ringan akibat darah yang terlalu kental. Pemeriksaan menunjukkan kadar gula dalam darah ibu 9 anak itu melebihi 400 ml/dl.
Menurut dr Erna Cipta Fahmi MPharm, dokter di Klinik Sehat Mulya, Pondokindah, Jakarta Selatan, kadar gula tinggi menyebabkan darah mengental. Konsekuensinya jantung mesti memompa lebih kuat untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Efeknya tekanan darah meningkat. Dalam jangka panjang, tekanan tinggi itu merusak kapiler-kapiler halus di ujung pembuluh darah. Saat salah satu kapiler rusak, terjadilah stroke.
Di rumahsakit, dokter memberikan suntikan insulin selama sebulan untuk menurunkan kadar gula darah Sa’adiyah. Meski berangsur membaik, ia kerap merasakan tangan maupun kaki kanannya gemetar. Pada pekan ketiga pemberian insulin, salah seorang menantu Sa’adiyah menyajikan susu kambing. “Ternyata rasanya enak, gurih tanpa amis maupun prengus,” kata Sa’adiyah yang semula tak terbiasa mengonsumsi susu. Ia pun meminum 2 kali sehari: pagi setelah bangun tidur ketika perut kosong dan malam menjelang tidur.
Setelah sepekan mengonsumsi, Sa’adiyah bisa berjalan tegak seperti orang normal. Pemeriksaan menunjukkan kadar gula darahnya stabil di angka 200 ml/dl. Meski lebih tinggi ketimbang orang sehat, nenek 24 cucu itu bisa beristirahat nyenyak tanpa kerap terbangun untuk berkemih. Ia pun tidak lagi memerlukan suntikan insulin.
Multikhasiat
Selain mag dan diabetes mellitus, banyak penderita penyakit lain seperti asam urat, asma, disfungsi ereksi, dan tuberkulosis yang merasakan khasiat susu kambing. Apa kunci khasiat susu kambing untuk beragam penyakit? Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan MS, guru besar Ilmu Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor, susu kambing tersusun oleh asam lemak rantai pendek sehingga sistem pencernaan mudah menyerap. Efeknya nutrisi susu kambing mudah dicerna sehingga membantu penderita gangguan pencernaan, seperti pengalaman Nainggolan.
Ukuran butiran lemak susu kambing juga lebih kecil ketimbang susu sapi. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter dan pendiri Balai Pengobatan Umum Tri Dharma, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, susu kambing tidak mengandung bahan penggumpal molekul lemak seperti susu sapi.
Selain itu susu kambing kaya potasium yang menstabilkan kadar gula sekaligus tekanan darah. Itu menjelaskan kemampuan susu kambing menstabilkan kadar gula darah Sa’adiyah. Wahyu Suprapto, herbalis di Kota Batu, Jawa Timur, menganjurkan konsumsi susu kambing untuk pemulihan luka pascabedah, anak-anak dengan fisik lemah, serta meningkatkan vitalitas pria maupun wanita dewasa. Musababnya susu kambing tinggi kalori tetapi rendah kolesterol sehingga aman untuk penderita hipertensi.
Bagi penderita gangguan saluran pernapasan, kalori tinggi susu kambing menimbulkan rasa hangat sehingga melonggarkan jalan napas. Konsumsi susu kambing terbukti membantu mengatasi beragam gangguan kesehatan. Susu kambing tak ubahnya panasea alias obat bagi banyak penyakit. (Argohartono Arie Raharjo/Peliput: Andari Titisari)

FOTO:
  1. dr Prapti Utami: Stres memicu peningkatan adrenalin
  2. Kebanyakan orang enggan mengonsumsi susu kambing lantaran beraroma prengus
  3. Hj Sa’adiyah terbebas suntik insulin setelah minum susu kambing
  4. dr Zen Djaja: susu kambing kaya potasium
  5. Produk olahan susu kambing mempermudah konsumsi
  6. Penderita radang lambung mesti menghindari makanan pedas atau bercitararasa tajam
  7. Konsumsi makanan tinggi gula sederhana memicu diabetes
  8. Wahyu Suprapto: konsumsi susu kambing menyehatkan



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Istri saya 8tahun lebih rutin menggunakan cream dokter w****a skin care, awal 2016 berani memutuska...

- Ikhwanussidiq Suhartono

sabun kefir di pakenya enak.bersih di wajah\r\n...

- juwadi

Susu kefir ternyata cocok bagi yang ingin menambah berat badan. Saya sudah membuktikan,. Alhamdulill...

- Dwi

Saya mengenal kefir sudah 1 thn ini,,dl cuma reseller. Sekarang Alhamdulilah sudah bisa buat sendiri...

- Siti Lestari

hidup sehat bersama Kefir👍...

- Rohimanisayoghurt

Gak nyesel deh kenal sama kefir. Ternyata minum susu nya secara rutin bikin badan berangsur2 sehat, ...

- Siti Amaliah

Sy punya riwayat asam lambung thn 2018 yg lalu , waktu itu sy di kenalkan kerabat dgn susu kefir unt...

- Ranti Enggarsari

setelah mengonsumsi susu kefir kambing alhamdulillah, magh akut saya berkurang banyak dan berangsur ...

- Juwanani

Sejak minum kefir sudah lupa sm yg nmnya flu. Tiap hr badan terasa fit segar bugar. Tiap dtg bulan b...

- Nita Puspita

Awalnya skeptis juga akan manfaat kefir..apalagi harganya mahal..lebih mahal daripada yoghurt...\r\n...

- Fani dwi martadi

Saya sudah duaa minggu minum susu kambing (kefirnya).badan udah agak enak Ann,trus saya ngerasa nafs...

- Meyrani dewi utari

Kefir \r\nTiada tara manfaatnya\r\nTiada hingga kebaikanya\r\nPertama ku jumpa dengan kefir\r\nTubuh...

- MAS AGUS

Pertama kenal kefir itu dari Masker wajahnya yg katanya bagus bgt buat kulit apalagi yg udah keterga...

- Desi indah kumalasari

Alhamdulilah bisa mengenal kefir, dan bisa mengenalkan kefir sejak dini pada si kecil, si kecil jadi...

- Nani hermawati

Kenal Kefir awal 2017 silam. Mulanya beli sama penggiat Kefir. Tapi karena ada kesalahan kirim (tiba...

- Dewi S

Dengan ijin Allah dan wasilah kefir saya sembuh dari berbagai penyakit.\r\nTahun 2018 saya divonis b...

- Dani sutansyah

awal kenal kefir itu dari olshop, hampir nyerah krna masalah jerawat tetapi karna ketemu olshop yang...

- desy

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena dikenalkan dengan produk susu kefir di akhir tahun 2016...

- Nafisah

Anak2 4 bln ini rutin mengkonsumsi sufir kambing... Alhamdulillah imunnya jd lebih kuat dan jatang s...

- Ika

Alhamdulillah semenjak mengenal kefir dan belajar all about kefir sejak 5 bulan yg lalu serta mengko...

- Fitria \'Ummu Daffa\'

Pertama kali kenal kefir, dari salah satu pola makan yg saya ikuti, langsung cari grain dan eksekusi...

- Vicha Vansischa

Sempat menyerah dg masalah jerawat, akhirnya nyoba masker Kefir.Awalnya sih karena dibuat alami,kand...

- Innieke Siske Pebrilianti

Sudah lama saya punya asma dan beberapa alergi. Beberapa tahun terakhir semakin sering kambuh. Dan b...

- Vinda Ummu Abdillaah

Saya pakai kefir pertama susu kefir setelah itu badan jadi enak dan haid jadi lancarm biadanya ngawu...

- Puspa arum wahyi kurnai

Alhamdulillaah....sejak rutin minum kefir sekitar 4 bulan yang lalu, hampir gak pernah kena flu, bia...

- Ucik Nurul Hidayanti

Alhamdulillah sejak mengenal kefir jadi jarang sakit. Kalaupun sakit hanyalah sakit ringan sja seper...

- Susy Setyorini

Baru 6 bulan minum kefir badan rasanya buga dan.sehat. Udah 2 minggu ini pake sabun dan cream 3in 1 ...

- ardini esti

pake krim3 in1 wajah jadi cerah dan halus.dan.semenjak minum kefir badan.sehat dan tdk gampang sakit...

- ardini esti

awal mula suka kefir karna ikut kakak. setiap dia memakai masker kefir saya coba hasilnya muka lembu...

- verren

Assalamualaikum, sudah 5 bulan nihh saya nyoba minum susu kambing dari produk ini alhasil Alhamdulil...

- Septi luthfiah

Bismillahirrahmaanirrahiim. Sy menderita hipotensi 8 bulan yg lalu. Beberapa herbal sudah dikonsumsi...

- Hady Prajitno

Sudah beberapa kali sya order masker dan cream di mang didin. \r\nPaling suka sma masker kefir full ...

- Nofi

Selamat soree,,rekan² saya inginn ucapkan terimakasih kepada susu kambing khususnya produk (kefir)....

- Oktavia arisca

Sudah nyoba sabun kefir, Alhamdulillah enak di.kulit, terasa lembab dan merasa lebih sehat karena te...

- Susilawati

1 kata untuk kefir : WOW\r\n\r\nRasanya yang unik, caranya membersihkan racun di dalam tubuh adalah ...

- Arif Ardiansyah

Berawal dari facebook,akhirnya saya mengenal kefir.\r\nAkhirnya saya tau ternyata kefir bisa untuk p...

- Ninung nurwendiyah

Alhamdulillah... Puji syukur mengenal kefir...Meski d awal benar2 penuh perjuangan untuk mengkonsums...

- ROSI MASITOH

Beberapa tahun yg lalu sy di vonis dokter hiperplasia endometrium (penebalan dinding rahim yg abnorm...

- Azizah azis

Mengenal kefir itu menemukan imun booster... Bersyukur banget deh... Manfaat yg sudah di rasakan bad...

- Fitri

Adakah satu produk yang bisa digunakan untuk perawatan luar sekaligus dalam?\r\nAdaaa\r\n\r\nKEFIR l...

- Kamelia

Masker kefir enak dipake lembut banget,baru pake itu aja sih yang lainnya belum....

- Peppi indah sari

Awalnya tidak begitu percaya hanya saja tidak ada salah nya untuk dicoba karena pada dasarnya susu i...

- arif GB

Jjur saya pakai cream pemutih,putih si tpi bgitu kluar rumah dan kena matahari sebentar mukaku kyk k...

- Dani mei hantoro

Dulu anak saya mengalami gangguan pada pencernaan, sehingga daya tahan tubuhnya menurun, ketika saya...

- Reny

Saya penderita asam lambung sejak tahun 2007,\r\nSaya mau Dan ingin mencoba terapi kefir + madu huta...

- Nola

Bismillahirrohmanirrohim,\r\nBerawal dari suami dan 3 anak yg sering sakit..sy hampir putus asa dg k...

- wewen haryani

Alhamdulillah, senang sekali bisa mengenal kefir.\r\nSemakin kesini kenal minuman dari kefir, masyaa...

- Shafira

Alhmduliah sejak mengenal kefir 6bln ll kami sekeluarga rutin konsumsi kefir optima setiap menjelang...

- Nurhaene

Selama 6 bulan minum kefir (prima, optima) alhamdulillah keluhan asma tidak pernah lagi menghampiri....

- Kamelia Anggreini

Alhamdulillah saya cocok dengan kefir sehingga tensi saya stabil dan BAB lancar......

- Dhenok

Assalamualaikum,\r\nSelamat pagi....\r\nAwal mula nyoba Kefir itu pake maskernya,karena udah hampir ...

- Innieke Siske Pebrilianti

Sudah 3 bln saya sekeluarga mengkonsumsi sufir banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh tubuh dr ...

- Fitriyani

Saat usia kandungan jalan 17 minggu, saya merasakan gejala GERD. Karena pola pikir dan pola makan. S...

- Triana Puspa

Suka banget pakai masker kefir kambing ....takut pakai kimia...jadi yg aman2 aj...walau reaksi tidak...

- Raras Achrizul Malik

Saya kenal produk fermentasi sudah lama, tapi khusus kefir sendiri baru-baru ini. Berkat mang Didin,...

- Citra AS

Pertama kenal kefir itu dari 2015 awal, karena saya menderita gangguan lambung, vertigo\r\n,dan gang...

- Dwi ramadhani

Hidup Sehat bersama kefir...

- Ayu agustina

Sudah 3 bln saya sekeluarga mengkonsumsi sufir banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh tubuh dr ...

- Fitriyani

Barakallahu fiik\r\n Nyari masker yang cocok untuk wajah berjerawat dan berminyak sulit, apalgi bua...

- Minhatul Harun

Kefir sangat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi gangguan asam lambung da...

- Sianne Kumalasari

Pertama kenalan dengan susu kambing karena mama sakit asma. Alhamdulillah rutin minum susu kambing m...

- Astrishabrina

Awal perkenalan sy dengan kefir karena tertarik dengan kegunaan kefir sebagai penyembuh jerawat..mak...

- Rachmawati

Kefir itu ternyata banyak bener manfaatnya.. Sebagai minuman bernutrisi, pencernaan jadi sehat, BAB ...

- Vici yeni syiska

Alhamdulillah...minum kefir membuat tubuh sy semakin sehat, gk gampang sakit,ketika teman-teman bany...

- Ucik Nurul Hidayanti

Aku baru konsumsi sufir sejak beberapa bulan lalu karena aku sering sulit BAB kebetulan keluargaku j...

- Haidar aly

Baru kali ini make cream kefir yang harumnya segar.. biasanya mah baunya susu kambing.. kebayangkan ...

- Anisah

Kefir sangat banyak khasiatnya apalagi dalam membantu menjaga berat badan tubuh, rasa memang sedikit...

- Sri alemina

Testimoni mba Yuli Sam :\r\n\r\nAssalamualikum,,,, mang DIDIN,,,curhaaat donkk hehehe,,, tpi ini mmg...

- mang didin

Klo ketemu teman lama selalu dibilang kurus, gmn mo gemuk, tidur susah, makan cepet kenyang.\r\nKlo ...

- Marlyn

Beli masker kefir di sini harga terjangkau dan kualitas bagus sekali, dipakai wajah menjadi lembab, ...

- Dedeiviv

Masya Allah.. kefir adalah produk susu fermentasi dengan berjuta manfaat. Mulai dari organ pencernaa...

- Dini Trisnawati

Aku ingin lebih sehat n lebih fresh alhmdulilah usahaku mendapat hasil dengan konsumsi sufir setiap ...

- Nurhaene

Kefir... sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan keluarga kami, Alhamdulillah bulan ini masuk buka...

- Rini Astuti

Baru nyoba krim kefir wajah jadi lebih halus dan sehat. Kalau susunya belum pernah minum...

- Anisa alifah

Sudah lama sy penasaran dg kefir.\r\nDan alhamdulillah sekarang sy memakai produk kosmetik dan susu ...

- Temu retno widati

Pertama kali Kenal kefir Dari Facebook trus coba beli dan minum selama se Minggu,hasilnya badan ya g...

- Vira

ssalamualaikum ,salam sejahtera untuk kita semua.\r\ntesti ini dari saya sendiri juga keluarga sya.\...

- kones

Saya hobi sekali \"baking\", ada resep yang menarik biasanya saya coba..\r\n\r\nSuatu hari saya pang...

- Dice Anggraini

Terapi kefir untuk batu ginjal :\r\n\r\nAdik bungsu mamang (Anes Solihah) didera penyakit batu ginja...

- mang didin

Dulu...kefir bagi ku sangat asing.... Jk teman ada yg menawarkan hidup sehat dg kefir aq sll mengaba...

- Afifatul janah

Alhamdulillah berkat kefir susu kambing mang yg selama ini q derita\r\nUdh ndak kambuh lagi... \r\nK...

- Andi suyoko

Kefir berasal dari susu yang sudah pasti menyehatkan dengan asam yang pas sesuai dengan kondisi lamb...

- yogi purna rahardjo

Susu kambing bukan sekedar susu biasa, melainkan susu yang kaya Protein, Kalsium, Zat Besi, Vitamin ...

-

Awalnya memakai masker kefir karena ingin memakai kosmwtik yang back to nature,...ternyata banyak ya...

- Khomsatun Nurul Khoirunnisak

Pokoke segala bentuk produk turunan olahan kefir. Mantaps.\r\nDari minuman dan makanan sampe perawat...

- Tami Thamrin

Pakai produk kecantikan kefir memang paling TOp BGT. Bahannya alami tdk berbahaya\r\nEnak di pakai\r...

- Novri Eka Rizayantu

Alhamdulillah setelah rutin mengkonsumsi kefir bening, kolesterol yang tadinya tinggi bisa kembali n...

- Reny Priani Rachmawati

Saya penderita asam lambung, biasanya pasti saja berobat ke dokter minimal satu kali dalam satu tah...

- Mulyadi

Alhamdulillah sejak konsumsi susu kefir baik susu kefir kambing dan susu kefir sapi ASI berlimpah da...

- yuyun

Ma sya Allah makin semangat konsumsi kefir setelah melihat beberapa testimoni yang ada, terutama ka...

- Siti Mardiyah ummu Fatih

Awal kenal kefir itu dari 2015 awal, karena saya mengalami gangguan lambung, vertigo, dan gangguan s...

- Dwi ramadhani

Pertama kenal kefir pas zaman kuliah dulu, suka jajan es kefir soalnya seger pisan diminum pas udara...

- Rikza Khafi Qudsiyya

Sudah nyoba sabun kefir..asli lembut banget di wajah. Tertarik nyoba produk lainnya....

- Friska audi anjarini



Peternakan kami


Langganan Email