Susu Kambing Kaya Akan Nutrisi

Kamis, 26 Februari 2015
Susu Kambing Kaya Akan Nutrisi

Susu kambing memiliki banyak kelebihan, seperti daya cerna tinggi, tingkat keasaman khas, kapasitas buffer tinggi dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit.


Kandungan susu kambing memang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena kandungan susu kambing seperti vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim protein, dan asam lemaknya mudah diserap oleh tubuh. Menurut hasil penelitian, tubuh kita dapat mencerna susu kambing hanya dalam waktu 20 menit (lebih cepat daripada susu sapi yang diserap tubuh sekitar 2-3 jam). Susu kambing memiliki banyak kelebihan, seperti daya cerna yang tinggi, memiliki tingkat keasaman yang khas, memiliki kapasitas buffer yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu.

Potensi susu kambing sebagai pengganti susu sapi pada bayi ataupun pasien yang alergi terhadap susu sapi sangatlah besar. Susu kambing memiliki karakteristik yang berbeda dengan susu sapi ataupun susu ibu (ASI), sehingga susu kambing banyak direkomendasikan sebagai bahan substitusi bagi bayi, anak, dan orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi ataupun berbagai jenis makanan yang mengandung susu sapi.

Alergi terhadap susu sapi yang sering kali kita jumpai pada bayi, bila terjadi terus menerus akan menyebabkan reaksi pembesaran lamina propia dan peningkatan permeabilitas molekur dan aktifitas elektrogenika lapisan epitel. Gejala klinis seperti ini akan hilang jika bayi tersebut diberikan makanan bebas susu sapi. Tidaklah heran bila sekarang ini susu kambing dilaporkan telah banyak digunakan sebagai pilihan alternatif pengganti susu sapi ataupun dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan makanan bayi yang alergi terhadap susu sapi. Meskipun begitu, alergi pada saluran pencernaan bayi dilaporkan dapat berangsur-angsur disembuhkan setelah diberi susu kambing. Susu kambing kaya akan nutrisi dan mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang jika dibandingkan dengan susu sapi.



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar